Whatsapp Sekarang Diblokir Tanpa Ampun Di China

WhatsApp Kini Diblokir Tanpa Ampun di China




Jakarta - WhatsApp jadinya diblokir sepenuhnya di China. Setelah tak bisa berkirim foto dan video, sekarang layanan messaging milik Facebook itu pun tak lagi bisa berkirim pesan teks.

Seperti detikINET kutip dari CNBC, Selasa (26/9/2017), pemblokiran terhadap WhatsApp ini dilakukan sesudah pemerintah China meningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan perlindungan yang ketat.

Dengan demikian, Facebook pun benar-benar dibentuk mati kutu. Pasalnya, WhatsApp ialah layanan terakhir milik mereka yang bisa menembus tembok China sesudah Facebook diblokir semenjak 2009 lalu. Instagram pun demikian.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. WhatsApp memakai end-to-end encryption yang menciptakan pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna. 

Tapi aplikasi pesan instan lain menyerupai Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan di China karena tak mempunyai kebijakan kerahasiaan seketat WhatsApp. (rou/rou)

sumber
close
Banner iklan disini